Walang Sangit Serang Puluhan Hektar Sawah di Aceh Timur

  • Share

Potret | Aceh Timur – Puluhan hektar areal sawah di Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur, dilaporkan di serang hama walang sangit atau yang sangat dikenal dengan sebutan hama wereng. Akibatnya para petani daerah itu ternacam gagal panen.

Seperti dilaporkan Munzir (45) Sekdes Gampong Keude Bagok Dua, kepada Potret Aceh Timur, Kamis (21/01/2021) pagi. Katanya, lebih kurang 30 hektar areal sawah di desanya diserang hama wereng.

“Terkait persoalan ini, pihak kita telah melaporkan ke pihak BPP Pertanian Nurussalam. Hari ini, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman-Pengamat Hama Penyakit (POPT-PHP) dari Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Timur telah turun ke lokasi guna melakukan penganganan,” ujar Munzir.

Tambah Munzir, pihak POPT-PHP telah melakukan koordinasi dengan Kelompok Tani di desanya, antaranya Poktan Maju Bersama, Poktan Beumakmu Jaya dan Poktan Beurijang Na Reuseki, sebagai upaya pengendalian hama.

“Dalam pertemuan tersebut, kami mendapat petunjuk tata cara penyemprotan, dengan dosis yang benar, dan tata cara pengendalian lainnya,” ujar Munzir.

Lanjut Munzir, kondisi hama wereng terjadi bukan saja di areal lahan sawah di desanya, namun hampir seluruh areal perswahan dalam Kecamatan Nurussalam – Bagok hama wereng menyerang tanaman padi warga.

“Harapan kita pihak Penyuluh dan Dinas Pertanian Aceh Timur untuk segera melakukan sosialisasi ke semua desa yang ada dalam wilayah Kecamatan Nurussalam, sehingga masyarakat tidak merugi pada masa panen tahun ini,” pungkas Munzir. (*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *