METODE PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN BAGI MURID SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID 19

  • Share

Mahasiswa KPM Fakultas Perbankan Syariah IAIN Langsa

Lokasi PKM : Desa Uram Jalan, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur

Anggota :

  1. Masita
  2. Musnadi
  3. Ainol Mardiah
  4. Fahrurrozi

 

 

 

ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui metode.pembelajaran.yang.efektif.dan efisien.bagi.murid.sekolah.dasar.di.masa.pandemi.covid.19. Metode merupakan cara yang digunakan untuk.meneliti sesuatu sehingga dapat diambil kesimpulan. Desain penelitian yang digunakan adalah metode Literature review. Penggunaan metode ini terkait situasi pandemi Covid-19 yang.membatasi peneliti dalam.pengambilan data.Kumpulan data Studi Literatur yang terdiri dari artikel jurnal, textbook, handbook, arsip maupun regulasi adalah cara untuk menyelesaikan persoalan dengan menelusuri sumber-sumber tulisan yang pernah dibuat sebelumnya. Analisis jurnal hasil literature review ini menggunakan metode critical appraisal. Critical appraisal adalah proses analisis jurnal yang digunakan menjadi dasar teori terkait perbedaan, persamaan dan kekurangan dari jurnal yang digunakan. Wawancara dilakukan terstruktur.dengan pertanyaan.yang disusun.dan dikaitkan.serta dikembangkan dengan literatur terkait. Hasil dari penelitian ini adalah.kurang efektif nya pembelajaran online karena faktor kurangnya.sarana dan.prasarana serta.ketidaksiapan edukasi teknologi.

Kata.Kunci: Metode Pembelajaran.yang Efektif dan Efisien di Masa Pandemi Covid 19

 

PENDAHULUAN
Salah. .satu cara mempersiapkan pendidikan yang lebih relevan dengan tuntutan kehidupan. .dewasa ini ialah diterapkannya pembaharuan. .dan pengembangan.sistem pendidikan nasional secara menyeluruh, merata, dan.terpadu. Adapun sasaran.yang ingin dicapai dalam pembaharuan.dan pengembangan.pendidikan ini adalah terlaksananya.pendidikan nasional yang merata.dan berkualitas serta sejalan dengan.tuntutan zaman yang semakin berkembang.pesat.
Perkembangan. .masyarakat. .sebagai akibat kemajuan ilmu. .pengetahuan dan tekhnologi yang canggih maka.kepala lembaga pendidikan yang. ada di Indonesia berupaya meningkatkan mutu..proses.belajar mengajar, agar.prestasi belajar.peserta didik dapat lebih meningkat.dengan penerapan metode mengajar yang .efektif dan.tepat dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia demi. .kejayaan.masa mendatang, sehubungan.dengan hal ini.oleh Ceceng Wijaya dkk. (2010:2) mengemukakan bahwa: “Perputaran zaman akan sangat berpengaruh.kepada pelayanan anak pada masa sekarang dalam prosses belajar mengajar”. Oleh karena berbagai.hal, maka lembaga pendidikan.harus mampu membuat program yang efektif.dan efisien sesuai dengan perkembangan .zaman, situasi, kondisi, dan dibutuhkan.
Pernyataan di atas, . menggambarkan betapa pentingnya menyesuaikan program dengan metode untuk mencapai hasil.yang diinginkan karena.tanpa hal yang demikian tujuan yang. .akan dicapai sulit mendapat hasil yang.memuaskan.
Banyak. .kenyataan.yang terjadi di kalangan lembaga. .pendidikan. .dapat menamatkan.peserta didik.yang cukup.besar jumlahnya, namun mutu.dan kualitasnya tidak dapat diandalkan, hal inilah yang menjadi masalah. .yang cukup serius utamanya.di dalam.dunia pendidikan sebab buat apa menamatkan atau meluluskan peserta didik yang. .jumlahnya besar.akan tetapi, tidak mampu bersaing baik dalam lingkungan.sekolah itu sendiri terlebih lagi dengan Negara-negara luar.yang sudah maju dalam segi pendidikannya. Salah satu penyebabnya adalah.penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, seharusnya semua lembaga.pendidikan atau.sekolah dan semua guru selalu berusaha dan berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan menerapkan metode. .pembelajaran yang efektif dan efisien yang. .sesuai dengan perkembangan ilmu. pengetahuan.dan tekhnologi dewasa ini. .sehingga. dapat memberikan peluang besar .dalam mencapai keberhasilan.
Pada murid sekolah dasar .adalah salah satu lembaga pendidikan yang. harus mengupayakan peningkatan .mutu pendidikan dengan menerapkan metode mengajar yang efektif dan. efisien dalam proses belajar mengajar. agar tujuan pendidikan yang akan dicapai dapat berjalan dengan baik. Lembaga .pendidikan.ini tampaknya mengikuti .perkembangan pendidikan dengan berbagai. pembeharuan yang modern. Tingkat keberhasilannya masih perlu diteliti, khususnya dalamhal upaya yang ditempuh untuk .meningkatkan metode mengajar dalam kaitannya dengan pengoptimalan prestasi belajar peserta didiknya. .
Pendidikan mempunyai.peran .yang sangat penting dalam. memajukan suatu bangsa. Pendidikan .diharapkan dapat mencerdaskan generasi. .muda yang.mampu mengembangkan potensi dalam diri, serta berpola pikir secara .kritis dan.dinamis, bertanggung jawab, .berakhlak mulia, beriman dan bertaqwa.kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan .juga.harus mampu menghasilkan sumber.daya manusia yang memiliki kompetensi. yaitu sikap, pengetahuan dan.keterampilan. Pendidikan adalah reorganisasi pengalaman dalam menambah kemampuan..untuk mengarah pendidikan pada.masa yang akan.datang.
Menurut UU No. .20 Tahun 2003 tentang Sistem..Pendidikan .Nasional Bab I Pasal 1 (ayat 1), pendidikan..pada dasarnya merupakan usaha sadar dan.terencana untuk mewujudkan .suasana.belajar dan proses pembelajaran agar.peserta didik secara.aktif mengembangkan potensi .dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian.diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak.mulia, .serta keterampilan yang diperlukan.dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. .
Di dunia saat ini sedang marak wabah. .coronavirus yang dapat menyebabkan. .penyakit yang disebut COVID-19. COVID-19 yang terjadi di berbagai negara. termasuk Indonesia berdampak pada berbagai bidang termasuk pendidikan. Saat.ini dunia. pendidikan sedang menghadapi permasalahan .yang cukup kompleks. .Serangan .virus tersebut berdampak pada penyelenggaraan pembelajaran di semua jenjang pendidikan. Tentunya tidak ada banyak .kendala .pada jenjang perguruan.tinggi dan sebagian sekolah menengah.yang sudah terbiasa menerapkan pembelajaran online, namun tidak demikian dengan jenjang pendidikan dasar (sekolah dasar) yang .bahkan .tidak diperbolehkan membawa. perangkat komunikasi (handphone) ke sekolah atau ke ruang kelas. .
Pada .tanggal 24 Maret 2020 Menteri Pendidikan .dan. Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan .Surat Edaran Nomor 4 tahun. 2020 tentang.pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam..masa darurat penyebaran .COVID-19. Proses belajar dilaksanakan.di.rumah melalui.pembelajaran daring/jarak jauh yang. .bertujuan untuk memutus mata.rantai.penyebaran COVID-19. Pembelajaran daring merupakan pemanfaatan.jaringan.internet dalam proses pembelajaran. .Pembelajaran daring membuat.siswa.memiliki.keleluasaan.waktu belajar, dapat belajar .kapanpun dan dimanapun. Siswa dapat.berinteraksi dengan guru menggunakan. beberapa aplikasi.seperti classroom, video converence, telepon atau live chat, zoom maupun.melalui whatsapp group. Pembelajaran ini.merupakan inovasi pendidikan untuk.menjawab. tantangan.akan ketersediaan.sumber belajar. .yang.variatif.
Perangkat .aplikasi .pembelajaran dalam jaringan (daring) membutuhkan berbagai.platform yang.mudah, murah, . dan me-mungkinkan untuk. pencapaian.tujuan pem-belajaran. Guru. .melaksanakan pembelajaran.kepada siswa .secara virtual menggunakan.aplikasi. whatsapp .pada smartphone. Kegiatan pembelajaran.dimulai ketika guru.memberikan tugas melalui whatsapp kemudian siswa mengumpulkan tugas dalam bentuk .gambar/voice note/video. .Pembelajaran .melalui.dalam jaringan (daring) hanya.dapat dilakukan. bagi siswa yang. .memiliki smartphone/.laptop, .namun..tidak..semua orang tua .siswa mampu meng-operasikan smartphone dan tidak memiliki smartphone. .
Kebijakan pembelajaran dalam jaringan (daring) mengakibatkan terjadi gangguan dalam.kegiatan.pembelajaran oleh guru, siswa, .dan .orang. tua siswa. Pembelajaran. dalam .jaringan (daring) berdampak.pada.. psikologis. siswa dan menurunkan. .kualitas. .keterampilan. .siswa. Beban tersebut merupakan tanggung jawab semua elemen. pendidikan dalam memfasilitasi .kegiatan pembelajaran bagi semua steakholders pendidikan guna melakukan pembelajaran jarak jauh untuk menekan kerugian .dunia pendidikan di masa mendatang. .Beberapa. kelebihan pembelajaran jarak jauh dapat memperluas akses pendidikan .untuk masyarakat umum karena struktur penjadwalan. yang fleksibel.
Berdasarkan. .permasalahan di atas, peneliti akan melakukan suatu penelitian yang berjudul “Metode Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. .bagi .Murid Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19”.

METODE PENELITIAN.
Metode dan Desain. Penelitian
Metode merupakan cara yang digunakan.untuk.meneliti.sesuatu. .sehingga dapat.diambil. kesimpulan.. Metode adalah cara utama yang.digunakan. untuk mencapai suatu tujuan. Metode .penelitian adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu. .objek, suatu.set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas pemikiran. Menurut Sugiyono (2018:3) bahwa metode penelitian .adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data .dengan tujuan dan kegunaan tertentu. . .
Desain penelitian. yang digunakan adalah metode. . Literature review. Penggunaan metode. ini terkait situasi pandemi Covid-19 yang. .membatasi peneliti dalam pengambilan. data. Studi Literatur (literature review) .merupakan penelitian yang dilakukan oleh. peneliti dengan mengumpulkan sejumlah .buku buku, majalah yang berkaitan dengan. masalah dan tujuan penelitian. Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk. mengungkapkan berbagai teori-teori .yang relevan dengan permasalahan yang sedang dihadapi/diteliti sebagai bahan rujukan dalam. pembahasan hasil penelitian. .
Literature review dilakukan bisa berasal dari beberapa .macam sumber seperti jurnal nasional. maupun .internasional yang dilakukan seperti dengan menggunakan tiga database (BASE, Science Direct, dan Neliti) dan textbook atau. handbook yang bersangkutan mengenai .hasil penelitian metode pembelajaran. yang efektif dan efisien maupun kebijakan-kebijakan terkait.

Teknik Pengumpulan Data
Kumpulan data. Studi Literatur yang terdiri dari artikel. jurnal, textbook, handbook, arsip maupun regulasi adalah cara untuk menyelesaikan. persoalan dengan menelusuri sumber-sumber tulisan yang pernah dibuat sebelumnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pengumpulan data literature review dengan. urut struktur tematik. .
Struktur Tematik mengelompokkan dan mendiskusikan .sumber-sumber sesuai tema .atau .topiknya. Dengan mengelompokkan tema. .atau topik penelitian, dapat menunjukkan jenis topik yang penting dan memperkuat. ketajaman dalam penelitian. .Pengumpulan literature review digunakan beberapa .tahapan. diantaranya adalah pencarian artikel .berdasarkan topik garis besar, .pengelompokkan artikel berdasarkan relevansi. dengan topik dan tahun penelitian. lalu .pengurutan struktur penjelasan serta. perbandingan data yang saling berhubungan.
Pencarian. artikel jurnal yang digunakan terbit. pada rentang. tahun 2010-2020 menggunakan .kata .kunci judul diantaranya “metode pembelajaran yang efektif dan efisien’, .yang .diidentifikasi berdasarkan relevansi. .isi .jurnal dan keterkaitan topik penelitian. .Pencarian jurnal menggunakan portal Google Scholar dengan menggetikkan .4 kata kunci judul. Pencarian “metode pembelajaran yang efektif dan efisien” menghasilkan 1.240 judul namun yang sesuai hanya. . 22 jurnal.
Setelah artikel terkumpul selanjutkan peneliti mengelompokkan sejumlah artikel yang telah didapatkan berdasarkan. relevansi topik metode pembelajaran yang .efektif dan efisien. Selain topik, peneliti juga mengelompokkan artikel berdasarkan tahun penelitian. Artikel yang diutamakan berkisar penelitian 5. tahun. terakhir, namun bila masih ada ilmu atau pembahasan yang belum berubah akan diperluas menjadi artikel dengan tahun penelitian 10 tahun terakhir. .
Dari jumlah pencarian, didapatkan 11 artikel relenvan dan. sesuai rentang tahun terbit terbaru. Dengan rincian. sebanyak 9 artikel mempunyai .kriteria penuh dan 2 artikel .mempunyai. kriteria. menengah. Kesebelas artikel ini digunakan dalam membahas dan membandingkan penelitian sesuai topik berdasarkan relevansi topik.
Kemudian artikel yang sudah dikelompokkan peneliti analisis penjelasan struktur .mengenai keterkaitan. artikel dan topik .penelitian. .Lalu. penulis membandingkan apabila .ada .jurnal yang saling berhubungan. Penambahan artikel jurnal maupun textbook lain bersifat memperkuat dan. menambah ketajaman pembahasan hasil .penelitian. .
Analisis Data .
Analisis jurnal hasil literature review ini menggunakan .metode critical appraisal. Critical appraisal adalah proses analisis jurnal yang digunakan .menjadi .dasar teori terkait perbedaan, .persamaan dan kekurangan dari .jurnal .yang .digunakan. Jurnal ditelaah untuk memilih jurnal hasil pengukuran yang sesuai dengan .topik. Dari pencarian yang telah dilakukan di Google schoolar 11 artikel. dari tahun. 2010 sampai tahun 2019 yang memenuhi topik penelitian.
Setelah itu di analisis .menggunakan tabel Critical. Appraisal dengan mencantumkan : . judul dan . .penulis jurnal, tahun publikasi, variabel .yang diukur, hasil studi penelitian serta keterkaitan dengan penelitian skripsi. .

HASIL DAN PEMBAHASAN.

E-Learning merupakan sebuah metode pembelajaran berbasis internet. atau belajar online yang. harus dijalani semua siswa-siswi hingga mahasiswa-mahasiswa di Indonesia .bahkan seluruh .wilayah didunia yang terpapar pandemic .Covid-19 guna menyambung proses belajar tatap muka yang terkendala. karena social .distancing atau tidak berkerumun untuk. membantu mencegah. .penyebaran. .Covid-19.Di Indonesia, sistem e-learning .bukan lagi sesuatu yang. asing, hanya .saja tidak semua sekolah pernah menerapkan .sistem ini, terutama sekolah-sekolah. yang berada didaerah terpencil atau didesa-desa.

KESIMPULAN.
Pembelajaran e-learning .akan terus harus dilakukan .mengingat belum tuntas nya .wabah .Covid-19 di. Indonesia dan membantu pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga sampai saat ini masih belum ditentukan kapan akan .masuk sekolah kembali untuk pembelajaran tatap muka. Kurang nya sarana dan .prasarana yang dipengaruhi oleh. faktor. ekonomi dan ketidaksiapan teknologi juga menjadi suatu hambatan dalam .berlangsungnya kegiatan belajar online. .Sehingga hasil belajar yang diberikan oleh pemelajar tidak 100% lancar atau efektif. .

DAFTAR PUSTAKA

Agus S Suryobroto. 2004. Diklat Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Ahmad, Sabri. 2007. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Quantum Teaching. Jakarta : Rineka Cipta. .

Busroh, Jamalus. 2011. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Bandung: Diterbitkan Untuk Umum.

Ceceng Wijaya dkk. 2010. Upaya Pembaharuan Pendidikan dan Pengajaran (Cet. II, Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2011. Strategi Belajar. Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, .Muhamad. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori .Pembelajaran. Yogyakarta: .Garudhawaca.

Gugus .Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia. (2020). Data COVID-19 Global. dan Indonesia. https://covid19.go.id/
Hasibuan. . 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim,R. . & Syaodih, Nana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, January, 19–21. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001

Mulyani dan. Permana (2008:54) strategi belajar. mengajar, bandung:maulana Syaiful. Sagala, 2005. Konsep dan Makna. Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Nadeem, S. (2020). Coronavirus COVID-19 : Available Free Literature Provided By Various Companies , Journals and Organizations Around the Literature Provided By Various Companies, Journals and Organizations Around the World. March. . https:// doi.org/10.5281/zenodo.3722904.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya. Wina. 2010. Strategi Pembelajaran “ Berorientasi Standart Proses”. Jakarta: .Prenada Media Group.

Sudjana, Nana., & Rivai. Ahmad. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta. .

Sun, L., Tang, .Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature .Materials, 20200205. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Suryosubroto. 2017. Proses Belajar Mengajar .Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Zain dkk, 2017. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel. 2016. Psikologi Belajar, Jakarta: Grafindo. .
Wahidmurni dan Nur Ali. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Malang: UM PRE

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *